Kamis, 24 Januari 2008

Paiton di kala senja


Assalamualaikum,
Tika nama panggilanku, kalo adikku biasa dipanggil Tora.
Kami tinggal di sebuah kompleks perumahan yang berada di desa Paiton.
Kalian pernah mendengar nama Paiton kan?
Kalau mendengar nama Paiton, pasti deh langsung ingat sama sebuah pembangkit listrik yang berbahan bakar batubara di tepi pantai utara. Letaknya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Betul sekali, disana memang tempat berdirinya PLTU Paiton.
Dan ayahku juga bekerja disana. Aku sering diajak ayahku ke tempat kerjanya. Tempatnya luas sekali. Di sana bisa kulihat batubara yang terhampar luas ditimbun tinggi sekali seperti gunung anakan yang berwarna hitam pekat mirip tumpukan berton-ton pasir. Baunya serupa bau aspal.
Ada dermaga yang sangat panjang menjorok ke tengah laut di tepi pantai yang biru. Kapal-kapal tongkang pengangkut batubara dari pulau Kalimantan siap bersandar berderet-deret untuk memasok bahan bakar PLTU Paiton ini. Perahu nelayan juga banyak yang mondar-mandir mencari ikan di laut, menambah indahnya pemandangan.
Dari dermaga kita bisa melihat cerobong asap PLTU paiton yang berdiri tinggi menjulang memancarkan cahaya seperti kilat yang berkilauan dari lampu-lampu yang terpasang di sepanjang tubuh cerobong itu. Seperti sebuah mercu suar yang menjadi penunjuk arah bagi para pelaut yang sedang berlayar.
Pemandangan disana sangat bagus, apalagi kalau di malam hari. Menjadi lebih indah karena lampu - lampu PLTU menyala terang seperti sebuah pertokoan besar yang sedang buka pada malam hari.
Kalo kalian pingin kesana silahkan saja hubungi aku, biar nanti aku temani jalan-jalan.
Oke aku tunggu ya di Paiton, daaa.......

Tidak ada komentar: